Kamis, 09 Januari 2014

Wholesales Daihatsu Capai 133.711 Unit per September 2013


JAKARTA: PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia melihat September 2013 sebagai bulan yang istimewa. Selain karena ADM telah meluncurkan Astra Daihatsu AYLA (9/9/2013) juga karena adanya penyelenggaraan Pameran Otomotif terbesar di Asia Tenggara, Indonesia International Motor Show (IIMS) tanggal 19-29/9/2013, telah membuat wholesales September 2013 merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan delapan bulan sebelumnya 2013.

Selama 11 hari IIMS 2013, total perolehan SPK Daihatsu mencapai 923 unit. Kontribusi terbesar SPK selama IIMS 2013 datang dari Ayla, Sahabat Baru Keluarga, yang mencapai 511 unit (55%). Kemudian disusul Xenia 158 unit (17%), dan Terios 154 unit (17%). Sedangkan yang lain seperti Gran Max Pick Up terjual 34 unit (4%) dan Gran Max Minibus 21 unit (2%). Sementara Sirion mencapai 25 unit (3%) dan Luxio meraih 20 unit (2%). Nampak pada IIMS 2013 Astra Daihatsu AYLA telah menjadi idola baru Sahabat Daihatsu.

Melewati bulan September 2013 penjualan wholesales Daihatsu selama periode 9 bulan 2013 berhasil mencapai 133.711 unit atau naik 10,8% dibandingkan 9 bulan 2012 sebanyak 120.664 unit. Sehingga market share wholesales Daihatsu mencapai 14,7% dari total pasar domestik sebesar 908.271 unit. Sementara retailsales Daihatsu mencapai 129.644 unit, naik 7,8% dibandingkan periode yang sama 2012 sebanyak 120.213 unit. Sehingga pangsa pasar retailsales Daihatsu mencapai 14,7%. Dengan demikian, Daihatsu menduduki posisi kedua volume penjualan dan pangsa pasar nasional per September 2013.

Jika kita bandingkan rincian penjualan Daihatsu bulan Agustus dan September 2013, maka Astra Daihatsu AYLA telah berhasil menjadi andalan baru Daihatsu melengkapi lini produk yang sudah ada. Selama September 2013, Ayla telah terjual 4,377 unit (24%) menggeser Xenia yang bulan Agustus sebelumnya 4.961 unit (42%) menjadi 5.000 unit (28%) di bulan September, meskipun secara volume bukannya berkurang malah justru bertambah.
Sementara Type yang lain hanya menunjukkan sedikit pengurangan dari sisi prosentase kontribusi, namun tetap bertumbuh secara volume. Ini menunjukkan bahwa pasar Daihatsu masih terus bertumbuh sesuai pertumbuhan pasar otomotif nasional.

Untuk periode 9 bulan, Januari – September 2013 rincian akumulasi wholesales Daihatsu adalah sebagai berikut. Xenia masih menjadi yang terbesar dengan 53.509 unit (40%), disusul Gran Max sebanyak 46.105 unit (34%) dimana Gran Max (GM) bisa dibagi dua menjadi GM Pick up 34.852 unit (26%) dan GM Minibus 11.253 unit (8%). Menyusul posisi ketiga adalah Terios sebanyak 19.484 unit (15%). Disusul Sirion 5.640 unit (4%), Luxio 4.596 unit (3%) dan pendatang baru Ayla 4.377 unit (3%).

Sementara retailsales Daihatsu Januari - September 2013 mencapai 129.644 unit terdiri dari Xenia 52.442 unit (40%). Disusul Gran Max (GM) terjual 45.487 unit (35%) yang terdiri dari GM Pick Up sebanyak 34.164 unit (26%) dan GM Minibus 11.323 unit (9%). Kemudian Terios mencapai 19.186 unit (15%), Sirion terjual 5.588 unit (4%), Luxio terjual 4.609 unit (4%) dan anggota baru Daihatsu Ayla 2.332 unit (2%).

“September 2013 menjadi bulan yang istimewa bagi kami. Kemunculan AYLA sebagai Sahabat Baru Keluarga telah memberikan alternative pilihan bagi sahabat Daihatsu. Kami bersyukur animo masyarakat terhadap AYLA sangat positif yang tercermin pada capaian angka penjualan. Jika kita lihat trend selama sembilan bulan 2013, pasar otomotif domestik tumbuh sekitar 10%-11% dari 816.317 unit (Jan-Sep 2012) menjadi 908.279 unit (Jan-Sep 2013). Kami optimis dalam 3 bulan mendatang penjualan Daihatsu akan terus tumbuh sebagaimana pertumbuhan pasar. Untuk itu kami terus meningkatkan kualitas pelayanan di seluruh kantor cabang Daihatsu,” ungkap Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor.

Sumber: http://www.daihatsu.co.id/news/read/472/wholesales-daihatsu-capai-133.711-unit-per-september-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar